Nama : Dhini Islamiati Karsa
Nim : 1400045
No Absen : 1
Kelas / semester : VII /1
Kompetensi Dasar : 3.1Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
Materi Pembelajaran :Besaran dan Pengukuran
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Pendahuluan
Guru membuka kegiatan mengajar dengan membaca doa
Guru menanyakan kepada peserta didik apa yang mereka ketahui mengenai besaran dan pengukuran
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Jika dalam suatu kelas ada 40 peserta didik maka dibagi menjadi 10 kelompok 1 kelompok beranggotakan 4 orang peserta didik
|
|
Kegiatan Inti
Guru mendemonstrasikan kepada peserta didik bagaimana mengukur panjang beberapa benda yang berbeda bentuknya (meja, buku , koin , dan kawat ) menggunakan alat ukur seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup
Guru membuat suasana kelas menjadi hidup dengan memberikan bintang kepada peserta didik yang aktif bertanya saat diskusi berlangsung
Guru membimbing siswa dalam menarik kesimpulan berdasarkan diskusi yang telah berlangsung dengan meminta wakil dari kelompok menyimpulkan hasil percobaan
|
Peserta didik memperhatikan guru yang sedang melakukan demonstrasi bagaimana mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur yang berbeda. Kemudian Peserta didik melakukan percobaan dengan melakukan pengukuran pada beberapa benda yang berbeda bentuknya ( meja ,buku , koin , dan kawat ) menggunakan alat ukur seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup
Peserta didik mengisi LKS yang telah diberikan guru dan berdiskusi bersama teman sekolompok
Peserta didik melakukan diskusi secara berkelompok. Peserta didik melihat apa perbedaan mengukur benda dengan alat ukur yang berbeda seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup dan fungsi alat ukur masing – masing.
Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan pengukuran di depan kelas
|
Penutup
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar