Minggu, 25 Desember 2016

Skenario Pembelajaran Fisika

Nama : Dhini Islamiati Karsa
Nim    : 1400045
No Absen : 1
Kelas / semester : VII /1
Kompetensi Dasar : 3.1Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
Materi Pembelajaran :Besaran dan  Pengukuran

Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Pendahuluan
  • Guru membuka kegiatan mengajar dengan membaca doa
  • Guru menanyakan kepada peserta didik apa yang mereka ketahui  mengenai  besaran dan pengukuran
  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Jika dalam suatu kelas ada 40 peserta didik maka dibagi menjadi 10 kelompok 1 kelompok beranggotakan 4 orang peserta didik

  • Peserta didik membaca doa

  • Peserta didik memberikan pendapatnya apa yang mereka ketahui mengenai besaran dan pengukuran
Kegiatan Inti
  • Guru memberikan LKS  kepada peserta didik
  • Guru mendemonstrasikan kepada peserta didik  bagaimana mengukur panjang beberapa benda yang berbeda bentuknya (meja,  buku , koin , dan kawat ) menggunakan alat ukur  seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup




  • Guru meminta peserta didik mengisi LKS yang telah diberikan

  • Guru membimbing peserta didik dalam mengisi LKS





  • Guru meminta peserta didik mempresentasikan hasil percobaan

  • Guru membuat suasana kelas menjadi hidup dengan memberikan bintang kepada peserta didik yang aktif bertanya saat diskusi berlangsung  
  • Guru membimbing siswa dalam menarik kesimpulan berdasarkan diskusi yang telah berlangsung dengan meminta wakil dari kelompok menyimpulkan hasil percobaan

  • Guru bertanya kepada peserta didik apakah mereka mengerti mengenai materi besaran dan pengukuran berdasarkan percobaan yang telah dilakukan


  • Peserta didik mempelajari LKS

  • Peserta didik memperhatikan guru yang sedang melakukan demonstrasi bagaimana mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur yang berbeda. Kemudian Peserta didik melakukan percobaan dengan melakukan pengukuran pada beberapa benda yang berbeda bentuknya ( meja ,buku , koin , dan kawat ) menggunakan alat ukur  seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup
  • Peserta didik mengisi LKS yang telah diberikan guru dan berdiskusi bersama teman sekolompok
  • Peserta  didik melakukan diskusi secara berkelompok. Peserta didik melihat apa perbedaan mengukur benda dengan alat ukur yang berbeda seperti penggaris , jangka sorong dan micrometer sekrup dan fungsi alat ukur masing – masing.
  • Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan pengukuran  di depan kelas

  • Peserta didik aktif bertanya saat diskusi berlangsung


  • Wakil dari kelompok masing – masing menyimpulkan hasil percobaannya



  • Peserta didik menyampaikan apa yang telah mereka mengerti dari kegiatan mengajar yang telah dilakukan
Penutup
  • Guru memotivasi peserta didik apa saja manfaat yang didapat dari besaran dan pengukuran dalam kehidupan sehari – hari
  • Guru menutup kegiatan belajar dengan mengucap syukur




Tidak ada komentar:

Posting Komentar